26 Januari 2008

SEPUTAR KAMPUS

BERSIAPLAH BERSEPEDA KE KAMPUS!

Banyak yang berubah di kampus tetangga kita UI. Di seputar kampus kuning itu kini tengah dibangun jalur khusus sepeda. Jalur khusus sepeda ini sangat penting guna menerapkan pola hidup sehat di kalangan mahasiswa dan dosen. Dalam rangka mewujudkan kampus Universitas Indonesia menjadi Green Campus (kampus hijau) dan untuk menuju Word Class Campus (kampus dunia), manajemen UI Depok segera menerapkan sejumlah program unggulan di antaranya adalah jalur khusus sepeda di lingkungan kampus.
Nantinya, seluruh civitas akademika UI akan bersepeda ria memasuki kampus seluas 300 hektar ini. Para mahasiswa dan dosen yang memiliki kendaraan motor atau mobil, tidak diperbolehkan membawa kendaraan mereka masuk ke dalam lokasi kampus.
Kendaraan yang mereka miliki di parkir di pintu masuk kampus yang sudah disediakan tempat parkir. “Bagi mahasiswa yang sudah punya sepeda, dianjurkan untuk menggunakannya. Sedangkan bagi yang tidak punya sepeda, pihak kampus akan memberikan pinjaman,” tutur rektor UI Prof. DR. Gumilar Rusliwa Somantri Pria kelahiran Tasikmalaya ini menambahkan. melihat lokasi kampus UI yang begitu luas, tentu tidak bisa semua dilalui dengan sepeda, untuk itu, kata Gumilar, rektorat akan menyediakan suttle bus yang bisa mengantar dari satu fakultas ke fakultas lain. Semua civitas akademika UI wajib mentaati aturan ini termasuk para tamu.
Bagaimana dengan PNJ? Tentu sudah bersiap menyesuaikan diri kan? Penulis yang baru-baru ini mencoba jalur khusus sepeda itu ternyata nyaman juga. Bebas Polusi! Kalau Jakarta telah menerapkan Free Car Area pada hari Minggu di Jalan Sudirman-Thamrin. Di UI bahkan akan free car di seluruh kampus sepanjang hari. Jadi, bersiaplah bersepeda ke kampus!!
(sumber dari Rakyat Merdeka online/prj)

Tidak ada komentar: