15 Juni 2008

SEMBILAN BELAS DOSEN SIPIL MENDAPAT BANTUAN PENULISAN BUKU P2AI PNJ


Prof Suminar dan peserta Workshop sedang mengamati Buku Ajar/diktat.

Sebanyak 19 orang dosen Teknik Sipil PNJ mendapat bantuan penulisan bahan ajar untuk mahasiswa. Bahan ajar yang dimaksud adalah buku ajar dan diktat. Melalui program P2AI PNJ hibah buku ajar ini diberikan kepada lebih dari 100 dosen PNJ untuk tahun 2008 ini. Jumlah ini meningkat tajam jika dibandingkan program serupa tahun lalu.

Untuk itulah pada hari Sabtu, 14 Juni 2008 diadakan Workshop Penulisan Buku Ajar dan Diktat untuk Dosen PNJ bertempat di Gedung Q Lantai 3. Workshop dibuka resmi oleh Direktur PNJ Prof. Johny Wahyuadi M Sudarsono. Dalam sambutan pembukaan Direktur PNJ menyampaikan apreasinya terhadap semangat dan motivasi para dosen PNJ dalam penulisan buku ajar ini. Ia menilai banyak buku yang telah ditulis, namun tidak mencantumkan sumbernya. Terhadap dosen yang menulis dalam jurnal terakreditasi, direktur berjanji akan memberikan penghargaan. Ini disampaiknnya mengingat banyak Jurusan di PNJ yang akan menerbitkan jurnal ilmiah sebagai ajang dosen menuangkan hasil penulisannya dari penelitian atau karya ilmiah lainnya.

Materi workshop meliputi “Rambu-rambu Penulisan Buku Ajar/ Diktat” yang disampaikan oleh Prof. Suminar S Achmad dari IPB. Kemudian “Teknik Penyusunan Buku Ajar/ Diktat” oleh Drs. Elang Krisnadi dari UT dan terakhir “Lay out Buku Ajar/ Diktat” oleh Rully Susanto dari Gramedia.

Kiranya momentum penulisan bahan ajar 2008 ini menjadi pemacu bagi dosen untuk terus berkarya, mengingat Dirjen Dikti pun juga menawarkan bantuan dana bagi penyusunan buku ajar yang jumahnya cukup besar.

(prj)

Tidak ada komentar: