23 April 2008

PNJ AKAN MENJADI UI COLLEGE?


Prof.Dr.Der Soz Gumilar Rusliwa Somantri, Rektor UI beserta jajarannya, Rabu (23/4) mengunjungi PNJ. Kunjungan Rektor UI ini dalam rangka Sosialisasi Pengembangan UI ke depan. Di hadapan sivitas akademika PNJ yang memenuhi Aula Gedung Direktorat PNJ, Rektor, Wakil Rektor I dan Wakil Rektor II UI menjelaskan program-programnya. Pimpinan, dosen, karyawan dan perwakilan mahasiswa dijelaskan rencana UI ke depan termasuk menata ulang lingkungan kampus. Sejak dilantik menjadi Rektor UI periode 2007-2012 Prof. Gumilar meang langsung mengadakan gebrakan yang cukup banyak. Jalur khusus sepeda di seputar kampus adalah ujud nyata kepedulian UI sebagai Green Campus berkelas dunia. Selanjutnya akan dibangun Teaching Hospital yang akan menjadi Rumah Sakit Pendidikan bagi mahasiswa kedokteran, farmasi dan kesehatan masyarakat. UI juga akan membangun perpustakaan dan pusat kegiatan mahasiswa seluas 20.000 m2.
Rencana penggabungan kembali PNJ dengan UI menjadi pembicaraan hangat acara ini. Prof Johny Wahyuadi, Direktur PNJ yang memandu acara ini mengatakan berdasar rapat Senat Politeknik Negeri Jakarta 21/4 yang lalu, PNJ siap bergabung kembali dengan UI. Demikian juga UI menyambut baik rencana penggabungan itu. Dengan demikian nantinya UI akan menjadi Perguruan Tinggi yang lengkap. Menjadi Universitas Riset, UI akan menerima mahasiswa Program Sarjana dan Pascasarjana, sedangkan mahasiswa Diploma atau jalur vokasi, akan diintegrasikan menjadi Politeknik UI atau nama lain misalnya UI College. Selanjutnya, Rektor menerangkan ke depan UI hanya akan punya 3 fakultas, yaitu Fakultas Kesehatan (Health Faculty) yang akan mengelola Sekolah-sekolah kedokteran, kedokteran gigi, kesehatan masyarakat dan farmasi. Fakultas Sain dan Teknologi mengelola Sekolah Teknik, Komputer dan MIPA, dan yang ketiga Fakultas Sosial dan Humaniora yang akan membawahi sekolah ekonomi, hukum, ilmu budaya, psikologi dll. Untuk maksud tersebut UI telah mencanangkan 3 pilar utama , yaitu integrity, excellent, interprizing.
Beberapa pertanyaan sempat dilontarkan oleh dosen dan karyawan PNJ. Dengan gayanya yang khas, semua pertanyaan dapat dijawab dengan meyakinkan oleh Rektor UI yang seorang orator itu.
(prj)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wah, apa itu UI College ?
PNJ dikemanain ?